Bekerja dengan Kami
EcoStory
Laporan Tahunan Yayasan EcoNusa 2018
23 March 2020 - oleh EcoNusa
COPY LINK

Yayasan EcoNusa ingin memperbanyak dan memperluas amplifkasi narasi Papua yang lebih konstruktif di luar Papua. Sementara pengembangan kapasitas dibangun di tingkat tapak melalui pengembangan strategi komunikasi serta kolaborasi semua pihak bersama mitra-mitra lokalnya. Peran ini sangat strategis bagi Yayasan EcoNusa. Harapannya komunikasi dan pelibatan para pihak yang intensif ini akan membangun kepercayaan di semua tingkat sehingga intervensi konstruktif dapat dilakukan, sekalipun ini bukan perkara mudah. Tujuannya agar narasi positif tentang Tanah Papua bisa diterima dan dimengerti oleh dunia di luar Tanah Papua. 

Berangkat dari gagasan dan keprihatinan tentang Tanah Papua, Yayasan EcoNusa melakukan segala daya dan upaya untuk mengekspos Tanah Papua dari sudut pandang yang lebih natural terkait sumber daya alam dan masyarakat lokal. Tanah Papua kaya sumber daya alam, keragaman hayati, budaya, dan masyarakat. Semua potensi itu harus tetap dikawal, karena ancaman-ancaman selalu ada dan bahkan membahayakan kalau dibiarkan. Hutan, alam dan laut di wilayah Papua masih menjadi incaran perusahaan ekstraktif karena potensi ekonominya yang luar biasa. Ini adalah pertahanan terakhir hutan Indonesia yang penting untuk masyarakat lokal dan penyeimbang ilkim yang semakin berubah.

 

Narasi lama tentang Papua yang terbelakang dan sederet stigma negatif lainnya harus diganti dengan narasi positif berbarengan dengan fakta konstruktif di lapangan. Selama ini berita tentang Papua hanya dikaitkan dengan isu keamanan, politis, bahkan isu-isu bernuansa SARA, kekurangan gizi, dan sebagainya. Padahal banyak narasi lain tentang keberhasilan dan kearifan lokal yang berkorelasi dengan kelangsungan fungsi-fungsi ekologis yang belakangan ini makin terancam. Yayasan EcoNusa memiliki tanggung jawab penting untuk ikut memajukan serta membangun Tanah Papua dengan narasi alternatif tentang hutan, laut, budaya, sumber daya alam dan manusianya.

 

Melihat kondisi ini, Yayasan EcoNusa ingin memperbanyak dan memperluas amplifkasi narasi Papua yang lebih konstruktif di luar Papua. Sementara pengembangan kapasitas dibangun di tingkat tapak melalui pengembangan strategi komunikasi serta kolaborasi semua pihak bersama mitra-mitra lokalnya. Peran ini sangat strategis bagi Yayasan EcoNusa. Harapannya komunikasi dan pelibatan para pihak yang intensif ini akan membangun kepercayaan di semua tingkat sehingga intervensi konstruktif dapat dilakukan, sekalipun ini bukan perkara mudah. Tujuannya agar narasi positif tentang Tanah Papua bisa diterima dan dimengerti oleh dunia di luar Tanah Papua.

Annual Report EcoNusa Foundation 2018 (ina)
Annual Report EcoNusa Foundation 2018 (eng)
Publikasi Lainnya
Rumah EcoNusa Jl. Maluku No.35, RT.6/RW.5, Gondangdia
Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10350
©2020. EcoNusa. All rights Reserved