Bekerja dengan Kami
Program
Pengembangan Kapasitas dan Ketahanan Masyarakat Adat

Mengembangkan ketahanan masyarakat adat dalam mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan. 

Yayasan EcoNusa telah mengembangkan jaringan mitra pelaksana di tingkat regional dan lokal yang terdiri dari organisasi independen. Mereka akan bekerja sama dengan mitra kami untuk mengidentifikasi peluang dalam mempromosikan berbagai kegiatan kewirausahaan berkelanjutan di tingkat lokal; yang menghormati dan meningkatkan mata pencaharian dan hak adat sambil memberikan maafaat konservasi yang nyata.

 

Kami akan menciptakan sistem guna mengindentifikasi dan memberdayakan kegiatan kewirausahaan berkelanjutan. Pada awalnya, kami bekerja dengan memahami aset komunitas lokal dan mempromosikan kekuatan mereka. Selanjutnya, sistem yang akan dibuat dapat mendorong para pengusaha dapat secara langsung mengakses peluang investasi dan bantuan keuangan independen.

 

Untuk mencapai tujuan tersebut, kami menggunakan pendekatan berbasis aset dalam mengidentifikasi dan memanfaatkan keterampilan, sumber daya, dan kekuatan komunitas. Selain itu, kami juga terbuka terhadap peluang baru yang muncul dari para pemimpin dan pengusaha lokal dalam memanfaatkan peluang ekonomi berkelanjutan yang inovatif. Kami akan bekerja dengan sejumlah wirausaha terpilih untuk mempromosikan kegiatan dan proposal masyarakat dengan perusahaan swasta dan organisasi nirlaba. Hal ini bertujuan untuk menciptakan aktivitas ekonomi berkelanjutan baru yang mandiri secara finansial. 

      

Tujuan tersebut dapat ditempuh dalam beberapa langkah. Pertama, kami akan mengidentifikasi produk potensial yang dapat dengan mudah diproduksi oleh masyarakat adat. Tentunya, produk tersebut harus dapat memperkuat upaya perlindungan hutan dan memberikan pendapatan berkelanjutan bagi masyarakat adat. Produk tersebut antara lain sagu, pala, babi hutan, gatah damar (resin pohon), dan pariwisata berbasis hutan seperti pengamatan burung dan berjalan menyusuri hutan (trekking).

 

Kedua, kami akan mengindetifikasi, mendukung, dan mempromosikan pengusaha berkelanjutan melalui peningkatan akses pasar agar dapat mendiri secara finansial. Kami akan fokus pada pengembangan kepasitas dan jaringan pengusaha muda dan perempuan.

 

Ketiga, kami mendukung dan membuat jaringan dan plaform masyarakat adat independen dalam mempromosikan perusahaan mandiru yang berkelanjutan di Tanah Papau dan Maluku. Kondisi ini dapat tercapai melalui kolaborasi, pelatihan, dan dukungan yang lebih besar termasuk akses pasar dan rantai pasokan. Kami akan berfokus pada barang yang diproduksi secara berkelanjutan dan meningkatkan kondisi perekonomian masyarakat.

 

Keempat, kami akan membangun titik pengumpulan komoditas setidaknya di tiga lokasi utama. Titik tersebut adalah kunci untuk menyimpan hasil produksi sebelum berpindah ke pasar akhir serta untuk mengontrol komoditas, baik kuantitas maupun kualitas.

 

Program Lainnya
Rumah EcoNusa Jl. Maluku No.35, RT.6/RW.5, Gondangdia
Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10350
©2020. EcoNusa. All rights Reserved