Bekerja dengan Kami
Program
PELUANG PENDANAAN: MEMBANGUN PEMUDA, MEMBANGUN PAPUA

Tentang Kopernik dan EcoNusa 

 

Kopernik adalah sebuah organisasi penelitian dan pengembangan untuk menemukan solusi terbaik dalam mengatasi tantangan sosial dan lingkungan. Kopernik menggunakan pendekatan eksperimen singkat untuk menguji coba solusi potensial dan mengukur dampak dengan cara yang efisien. Kopernik yakin bahwa pendekatan eksperimentasi singkat memiliki potensi yang besar untuk menemukan solusi inovatif dan praktis dalam menjawab tantangan sosial dan lingkungan.

Dalam melaksanakan proyeknya, Kopernik bekerja sama dengan berbagai mitra mulai dari pemerintah, organisasi masyarakat sipil, sektor swasta, sektor kreatif, dan akademisi untuk mengembangkan produk, layanan dan pendekatan yang mendukung masyarakat yang terpinggirkan. Kopernik menerapkan pendekatan eksperimentasi singkat dalam berbagai proyek mulai dari bekerja sama dengan petani rumput laut untuk meningkatkan proses pengeringan komoditas dan mata pencaharian mereka, mengembangkan kampanye perubahan perilaku untuk mengurangi polusi plastik di laut, atau mendukung pengusaha mikro perempuan untuk dapat beralih dari sektor informal ke sektor formal.



EcoNusa Foundation Yayasan Ekosistim Nusantara Berkelanjutan (EcoNusa Foundation) merupakan organisasi nirlaba yang bertujuan mengangkat pengelolaan sumber daya alam yang berkeadilan dan berkelanjutan di Indonesia dengan memberi penguatan terhadap inisiatif-inisiatif lokal.

Yayasan EcoNusa yang resmi berdiri sejak 21 Juli 2017 dan berbasis di Jakarta menjalankan visi dan misinya melalui : 1) memberikan dukungan kepada organisasi masyarakat setempat ; 2) mengembangkan strategi komunikasi dan keterlibatan pemangku kepentingan ; 3) membangun kemitraan yang setara antar pihak ; 4) meningkatkan kesadaran dan pengetahuan untuk mempromosikan perubahan perilaku masyarakat ; 5) secara aktif mempromosikan penilaian, pemanfaatan dan berbagi manfaat dari sumber daya alam dan 6) mendukung proses pembuatan kebijakan publik yang meningkatkan kesetaraan dan pembangunan berkelanjutan.

Saat ini, EcoNusa yang bekerja di wilayah Papua dan Maluku memfokuskan programnya pada  (a) hutan dan keanekaragaman hayati,  (b) iklim dan energi, (c) pengelolaan kelautan dan pesisir di wilayah Indonesia Timur.

 

Latar Belakang Program Membangun Pemuda, Membangun Papua

Didukung oleh David & Lucile Packard Foundation, ‘Membangun Pemuda, Membangun Papua’ adalah program pendanaan yang bertujuan untuk mendukung organisasi atau perusahaan, yang fokus dalam mengembangkan peluang pekerjaan bagi generasi muda di tanah Papua.  Pendanaan ini diharapkan dapat memungkinkan organisasi dan perusahaan terpilih untuk menjalankan program-program inovatif yang memiliki dampak positif dalam jangka panjang, juga memberikan peluang yang lebih baik bagi komunitas yang terlibat.

 

Identifikasi Isu:

  • Tingkat pengangguran yang tinggi di daerah perkotaan merupakan salah satu tantangan pembangunan terbesar yang dihadapi oleh generasi muda di Papua dan Papua Barat.
  • Banyak generasi muda kehilangan kesempatan untuk menyelesaikan pendidikan mereka karena keadaan kehidupan yang tidak mendukung.
  • Kurangnya akses ke pendidikan dan keterampilan yang diperlukan menjadi hambatan untuk bertahan dalam awal masa karir.
  • Pekerjaan yang layak sulit ditemukan, sehingga mendorong generasi pemuda untuk mencari alternatif lain dan terlibat dalam berbagai macam pekerjaan jangka pendek untuk mendapatkan penghasilan.

 

Tujuan Jangka Panjang:

Salah satu inisiatif dari Packard Foundation yaitu meningkatkan mata pencaharian dan pemberdayaan generasi muda di komunitas pedesaan, di saat yang bersamaan juga mempromosikan pertanian berkelanjutan dan penggunaan sumber daya nasional. Maka dari itu, organisasi dan perusahaan yang mengimplementasi program-program yang senantiasa turut memberikan solusi terhadap identifikasi isu diatas diundang untuk mengajukan proposal untuk pendanaan ini. Program yang dijalankan diharapkan dapat mendukung pertumbuhan lebih lanjut bagi pemangku kepentingan yang memberdayakan generasi muda di Papua dan Papua Barat.

 

Tema Program

Program ‘Membangun Pemuda, Membangun Papua’ akan memberikan dukungan pendanaan untuk program-program pembangunan di bidang:

Usaha Pertanian (Agribusiness): Program-program yang memiliki fokus penciptaan lapangan kerja bagi generasi muda, mempromosikan solusi agribisnis yang mengedepankan nilai-nilai fair trade, mengangkat cerita komunitas agribisnis dan masyarakat lokal, serta menciptakan akses ke pasar nasional dan global. Dengan ini, diharapkan program yang diajukan dapat meningkatkan nilai atau value pada praktik agribisnis yang ada melalui solusi yang inovatif. Contoh program meliputi:

  1. Program yang memfasilitasi masyarakat dan komunitas lokal di area konservasi mengenai praktik-praktik berkelanjutan
  2. Program penciptaan akses pasar baru melalui penjualan online
  3. Program pemberdayaan petani kecil dan pelatihan bagi generasi muda
  4. Program yang mengembangkan varian produk lokal
  5. Program pengenalan teknologi inovatif yang memudahkan proses pertanian dan meningkatkan nilai komoditas

 

Pengembangan Kapasitas (Capacity Development): Melalui semangat penciptaan lapangan kerja untuk generasi muda, diharapkan program-program yang diajukan dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja yang kompetitif. Kami menerima proposal-proposal yang memiliki dampak terhadap peningkatan jejaring komunitas daerah dan mengajak partisipan luas untuk ikut dalam program pengembangan kapasitas. Contoh program meliputi:

  1. Program peningkatan akses pendidikan dan literasi melalui perpustakaan dan pusat pembelajaran serta pengadaan forum diskusi untuk masyarakat lokal
  2. Program kegiatan belajar dan aktivitas penerbitan buku-buku lokal
  3. Program peningkatan kapasitas untuk literasi digital atau penanganan isu khusus seperti limbah  
  4. Program pembelajaran dan pelatihan yang difokuskan untuk mengurangi tingkat pengangguran di generasi muda

 

Pariwisata Berkelanjutan (Ecotourism): Tema ini fokus pada kegiatan promosi potensi budaya dan keragaman Papua melalui berbagai wadah yang menarik dan kreatif. Potensi yang dimaksud merupakan manifestasi dari sumber daya alam dan manusia yang dimiliki oleh Papua, seperti potensi kuliner, pelestarian tradisi lokal, peningkatan kesejahteraan, dan pembangunan yang berkelanjutan. Contoh program meliputi:

  1. Program paket wisata dan/atau promosi destinasi wisata di Papua dan Papua Barat yang mengedepankan pendekatan berkelanjutan dan berkontribusi pada komunitas lokal dan konservasi lingkungan 
  2. Program festival kuliner untuk mempromosikan budaya kuliner kreatif, seperti mengadopsi konsep 'forest to table' dan pendekatan berkelanjutan lainnya
  3. Program pengadaan pameran atau lokakarya bagi generasi muda untuk mengadvokasikan pariwisata lokal

 

Syarat Organisasi

Dalam rangka pengajuan proposal untuk pendanaan Program ‘Membangun Pemuda, Membangun Papua’, organisasi serta program harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

Organisasi

  • Organisasi harus memiliki legalitas yang terdaftar di Indonesia, seperti perusahaan start-up, social enterprise, organisasi masyarakat sipil, yayasan atau lembaga sosial masyarakat, sekolah kejuruan, perusahaan privat, atau universitas. Khusus bagi organisasi yang tidak berbadan hukum: disarankan untuk bekerjasama dengan mitra lain yang yang berbadan hukum (mis: organisasi nasional atau keagamaan) dalam mengelola program dan pembuatan laporan pertanggungjawaban.
  • Organisasi yang lebih dipertimbangkan adalah organisasi yang beroperasi di Papua dan Papua Barat, telah memiliki rekam jejak program yang telah dilakukan di lokasi tersebut setidaknya minimal selama 1 tahun, atau setidaknya telah bermitra dengan salah satu organisasi yang beroperasi di Papua dan Papua Barat.
  • Organisasi harus memiliki sumber daya manusia yang memadai
  • Organisasi hanya dapat berpartisipasi dalam satu tema yang diusung dalam Program ‘Membangun Pemuda, Membangun Papua’.

 

Program

  • Pendanaan ini memiliki fokus terhadap program-program terkait pengembangan generasi muda di Papua dan Papua Barat.
  • Proposal yang diajukan sesuai dengan salah satu tema program ‘Membangun Pemuda, Membangun Papua’ yang dijelaskan dalam segmen ‘Tema Program’
  • Pendanaan yang diajukan tidak melebihi 25.000 USD atau setara dengan Rp 362.500.000
  • Program akan dijalankan selama delapan (8) bulan, terhitung mulai 30 November 2020 sampai dengan 6 Agustus 2021. Jangka waktu ini meliputi implementasi program dan pembuatan laporan pertanggungjawaban.
  • Proposal harus ditulis oleh anggota organisasi yang mengajukan sendiri

 

Pertimbangan untuk proposal yang dinyatakan lolos:

  • Organisasi atau perusahaan mampu mengkomunikasikan strategi yang jelas dalam melaksanakan, memonitor, serta melaporkan program di lapangan sesuai dengan persyaratan yang diajukan.
  • Organisasi atau perusahaan mampu mengkomunikasikan desain program dengan jelas menggunakan Bahasa Indonesia
  • Program harus memiliki tujuan yang realistis melalui metode, desain kegiatan dan anggaran yang diajukan.
  • Program harus dijalankan dengan metode monitoring, evaluation, and learning  (MEL) yang terukur sesuai tujuan yang ingin dicapai
  • Kegiatan program harus didokumentasikan dengan baik dalam bentuk narasi, foto, dan video sebagai bagian dari laporan pertanggungjawaban 
  • Proposal harus menjelaskan bagaimana setiap anggota tim akan mengembangkan kapasitas mereka melalui program yang diajukan. Hal ini termasuk, sebagai contoh, bagaimana pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman anggota tim akan dikembangkan dan ditingkatkan dalam proses implementasi program.
  • Program harus sesuai dengan kerangka logis dan praktik, misalnya melibatkan pemangku kepentingan daerah dan bagaimana program yang diajukan akan berkontribusi terhadap pengembangan kapasitas generasi muda, mempromosikan potensi daerah, dan kontribusi lainnya sesuai dengan tema program
  • Mampu mempromosikan kesetaraan gender dan melibatkan kelompok rentan baik dalam pelaksanaan program maupun cakupan penerima manfaat 
  • Diutamakan organisasi yang memiliki komposisi yang seimbang untuk setiap gender (gender balance) secara internal.

Program ‘Membangun Pemuda, Membangun Papua’ tidak akan mendanai proposal dengan karakter sebagai berikut:

  • Program-program yang tidak sesuai dengan tema ‘Membangun Pemuda, Membangun Papua’
  • Program yang dilakukan secara online, terkecuali perihal komunikasi online antara pelamar, Kopernik dan EcoNusa Foundation selama masa pandemi
  • Pengajuan pembiayaan untuk mengikuti suatu acara seperti konferensi.
  • Program pemerintah pusat dan/atau daerah.
  • Pendanaan untuk anggota tim atau konsultan

 

Kriteria Pendanaan

Aplikasi akan diterima oleh organisasi dan perusahaan penyelenggara program yang memenuhi kriteria kelayakan sesuai dengan uraian di atas. Kriteria ini dirancang untuk memastikan bahwa pendanaan ini mencapai tujuan awal untuk pengembangan kapasitas, berkontribusi pada pencapaian jangka panjang dan membangun hubungan penting antara masyarakat lokal, lembaga swadaya masyarakat, lembaga akademis dan pemerintah daerah. Seluruh aplikasi akan dievaluasi oleh Kopernik dan EcoNusa Foundation, juga oleh para ahli dari organisasi terkait lainnya.

 

Tata Cara Aplikasi 

Instruksi Proposal yang Memenuhi Syarat 

  1. Aplikasi harus dikirim melalui email ke recruitment@kopernik.info, dengan subject “Proposal Membangun Pemuda, Membangun Papua - (Nama Pelamar)” sebelum batas waktu 02 November 2020.
  1. Pelamar harus memenuhi setiap kriteria yang diuraikan dalam Syarat Organisasi di atas. 
  1. Proposal dapat diajukan dalam format naratif-visual (disarankan dalam format Powerpoint) atau naratif (Word Document) dengan jumlah halaman tidak lebih dari delapan (8) halaman. Penulisan format proposal adalah sebagai berikut:
  1. Ringkasan eksekutif, merupakan ringkasan proposal untuk memberikan gambaran singkat tentang inisiatif program yang akan dilaksanakan dan hasil atau perubahan yang ingin dicapai dalam mengatasi permasalahan yang ada di lingkup area kerja
  2. Rincian program, berisi poin latar belakang, tujuan program, pengelolaan program, timeline dan anggaran program, penerima manfaat, pemangku kepentingan yang akan dilibatkan dan strategi implementasinya seperti apa.
  3. Rencana Monitoring, Evaluation and Learning (MEL) program, berisi poin mengenai detail peninjauan progres dan dampak implementasi program sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, kerangka evaluasi yang digunakan dan kesempatan untuk melakukan refleksi terhadap hasil dan distribusi pembelajaran
  4. Rencana keberlanjutan, rencana keberlanjutan program untuk masyarakat sekitar setelah masa hibah berakhir. Apa yang dilakukan dan bagaimana melakukannya?
  5. Manajemen risiko, menjelaskan bagaimana mengelola risiko yang diidentifikasi dapat mempengaruhi pelaksanaan program

 

Dokumen berikut wajib disertakan bersama proposal:

  • CV dan Struktur Organisasi 
  • Dokumen Pembentukan Lembaga

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang program ini, silahkan mengirimkan email ke recruitment@kopernik.info selambat-lambatnya 15 Oktober 2020

Aplikasi yang melewati tanggal batas waktu tidak akan dipertimbangkan. Kami berharap untuk mengumumkan penghargaan selambat-lambatnya pada 20 November 2020. Informasi lebih lanjut mohon email permintaan ke recruitment@kopernik.info



Pertanyaan Seputar Program (FAQ)

Peluang Pendanaan: Membangun Pemuda, Membangun Papua (2020 - 2021)

 

Q: Siapa saja yang boleh mengajukan proposal program?

A: Organisasi yang memiliki legalitas yang terdaftar di Indonesia, seperti perusahaan start-up, social enterprise, organisasi masyarakat sipil, yayasan atau lembaga sosial masyarakat, sekolah kejuruan, perusahaan privat, atau universitas. Khusus bagi organisasi yang tidak berbadan hukum: Memiliki rekomendasi paling tidak dari dua lembaga mitra lain yang berbadan hukum yang pernah bekerja sama sebelumnya (mis: organisasi nasional atau keagamaan) yang mampu memberikan referensi tentang kemampuan organisasi dalam mengelola program.

 

Q: Apa tema program?

A: 

  1. Usaha Pertanian (Agribusiness): Program yang memiliki fokus penciptaan lapangan kerja bagi generasi muda, mempromosikan solusi agribisnis yang mengedepankan nilai-nilai fair trade, mengangkat cerita komunitas agribisnis dan masyarakat lokal, serta menciptakan akses ke pasar nasional dan global.
  2. Pengembangan Kapasitas (Capacity Development): Tema ini mendorong program penciptaan lapangan kerja untuk generasi muda, diharapkan program-program yang diajukan dapat meningkatkan kualitas tenaga kerja yang kompetitif.
  3. Pariwisata Berkelanjutan (Ecotourism):Tema ini fokus pada kegiatan promosi potensi budaya dan keragaman Papua melalui berbagai wadah yang menarik dan kreatif.

 

Q: Mengapa hanya organisasi yang beroperasi, memiliki rekam jejak, dan atau pernah bermitra dengan organisasi di Papua?

A: Program ‘Membangun Pemuda, Membangun Papua’ ingin memastikan adanya keterlibatan masyarakat dan organisasi yang berbasis di Papua dalam keseluruhan proses implementasi Program. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan potensi lokal, serta mendorong keterlibatan organisasi lokal untuk mampu berpartisipasi dalam lanskap atau cakupan yang lebih luas. Selain itu, kami ingin memastikan organisasi yang terlibat memiliki rekam jejak yang baik dan relevan, sehingga capaian dan tujuan dari Program ‘Membangun Pemuda, Membangun Papua’ dapat terafirmasikan dengan baik.

 

Q: Bagaimana cara mengajukan proposal?

A: 

  • Pelamar harus memenuhi setiap kriteria yang diuraikan dalam Syarat Organisasi.
  • Pelamar menyertakan aplikasi sesuai dengan format penulisan proposal dan dokumen wajib yang telah diuraikan dalam Instruksi Proposal yang Memenuhi Syarat.
  • Aplikasi harus dikirim melalui email ke recruitment@kopernik.info, dengan subject “Proposal ‘Membangun Pemuda, Membangun Papua’ - (Nama Pelamar)”

 

Q: Kapan deadline pengajuan proposal?

A: 02 November 2020

 

Q: Apakah ada format atau template khusus untuk pengajuan proposal?

A: Proposal dapat diajukan dalam format naratif-visual (disarankan dalam format Powerpoint) atau naratif (Word Document) dengan jumlah halaman tidak lebih dari delapan (8) halaman. Penulisan format proposal berisikan: ringkasan eksekutif, desain program, rancangan MEL (monitoring, evaluation, and learning), rencana keberlanjutan, dan mitigasi. Lebih lengkapnya dapat dilihat di poin ketiga dalam Tata Cara Aplikasi.

 

Q:Apakah program yang ikut Peluang Pendanaan: Membangun Pemuda, Membangun Papua juga membuka peluang untuk didanai oleh pendonor lain?

A: Ya, organisasi yang tengah memiliki program-program yang didanai oleh pendonor lain boleh mengajukan proposal

 

Q: Pertanyaan lain?

A: Jika Anda memiliki pertanyaan tentang program ini, silahkan mengirimkan email ke recruitment@kopernik.info selambat-lambatnya 15 Oktober 2020

Program Lainnya
Rumah EcoNusa
Jl. Maluku No.35, RT.6/RW.5, Gondangdia.
Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10350
©2020. EcoNusa. All rights Reserved