Bekerja dengan Kami
Program
Jaringan Komoditas Lokal Masyarakat Adat

EcoNusa bersama mitra-mitranya membangun jaringan komoditas lokal dan ketahanan pangan di tingkat masyarakat adat melalui pengembangan bisnis dan strategi konektivitas pemasarannya. EcoNusa mendorong pengelolaan komoditas lokal oleh masyarakat adat secara berkelanjutan dengan prinsip kearifan tradisional demi kesejahteraan masyarakat sekaligus menjaga serta memanfaatkan fungsi ekosistem hutan tropis dan ekosistem laut secara berkelanjutan.  EcoNusa menargetkan pendampingan secara langsung dan tidak langsung  terhadap lebih dari 150 inisiatif masyarakat lokal di Indonesia timur di berbagai kampung, kabupaten dan pulau yang akan memberikan keuntungan kepada lebih dari 1,5 juta masyarakat asli Papua dan Maluku.

 

EcoNusa mengidentifikasi dan memetakan potensi komoditas lokal dan prospek pengembangan bisnisnya di beberapa kabupaten di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara.  EcoNusa akan  bekerja sama dengan pemerintah kabupaten dan kampung, lembaga swadaya masyarakat, badan usaha milik kampung dan sektor swasta untuk meningkatkan usaha dan mempromosikan pengelolaan komoditas lokal oleh masyarakat adat di beberapa lokasi contoh. Mereka diharapkan akan menjadi contoh-contoh terbaik (best practices) dalam pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan sehingga dapat direplikasi di tempat lain di Indonesia Timur.  EcoNusa juga akan menjembatani program-program pemerintah yang berbasis kampung,  seperti program dana desa, perhutanan sosial serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). 

 

EcoNusa membangun konektivitas rantai pasok, serta promosi dan akses pemasaran di tingkat lokal dan nasional.  Saat ini EcoNusa sedang mendesain jaringan rantai pasok komoditas lokal di tiap daerah dengan mengidentifikasi lokasi dan menciptakan sentra jaringan pasokan komoditas lokal tersebut untuk pemasaran yang lebih luas melalui transportasi laut. Hal ini diharapkan akan mampu memenuhi kebutuhan pasar local dan wilayah Barat Indonesia untuk mendukung program ketahanan pangan. Harapannya inisiatif ini akan membangun kemandirian masyarakat dalam menjaga hutan dan laut serta memanfaatkan komoditas lokal dan jasa lingkungan yang dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat adat.

Program Lainnya
Rumah EcoNusa Jl. Maluku No.35, RT.6/RW.5, Gondangdia
Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10350
©2020. EcoNusa. All rights Reserved