Bekerja dengan Kami
Program
DUKUNGAN KOMUNIKASI STATEGIS UNTUK INDONESIA TIMUR

Menyebarkan kisah sukses dalam pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan.

Papua dan Malaku tak memiliki banyak tempat di dunia luar. Dengan keterbatasan akses media, lembaga sosial masyarakat terkadang tidak mau atau tidak mampu memberikan informasi secara langsung, seperti ancaman yang muncul terhadap ekosistem htuan dan pesisir. Kurangnya informasi dan pengumpulan berita, sampai saat ini menjadi hambatan yang signifikan bagi pemangku kepentingan untuk tetap mendapatkan informasi terkini, dalam pencegahan masalah hutan dan penggunaan lahan. Kami bermaksud mengisi kesenjangan ini dengan menyediakan lembaga jaringan baru yang memberikan infomasi yang komprehensif, akurat, dan terkini, tentang peristiwa yang sedang berlangsung di Wilayah Maluku dan Papua kepada dunia.

 

EcoNusa bertujuan untuk menciptakan serangkaian pusat komunikasi di seluruh kawasan Indonesia Timur, dalam mengumpulkan informasi untuk dibagikan kepada masyarakat adat dan komunitas lokal, organisasi masyarakat sipil, dan lainnya. EcoNusa akan bekerja erat dengan kelompok masyarakat untuk membangun pengaruh dan kapasitas mereka pada pembangunan rendah karbon. Kami juga membayangkan pusat atau setidaknya badan pengumpul yang akan menyusun, mencerna, dan menyebarkan data yang paling relevan dan berdampak ke dunia luar.

 

Kami mencari masukan tentang apa yang akan menjadi tingkat kualitas dan konten yang ideal untuk upaya tersebut, dan sejauh mana itu harus menjadi forum terbuka untuk berbagi pendapat, pandangan dan informasi atau platform yang lebih tunggal yang hanya menyebarkan informasi dengan standar jurnalistik atau standar lainnya. Kami membayangkan platform akan berisi sejumlah elemen berikut:

  • Memantau dan mengikuti perkembangan besar yang sedang berlangsung yang akan memiliki dampak signifikan pada hutan dan manusia.
  • Mengumpulkan dan menyebarkan informasi terbaik yang tersedia tentang penggunaan dan pengembangan lahan di kawasan timur Indonesia dalam bentuk yang mudah dicerna.
  • Mengumpulkan informasi yang diperlukan tentang klasifikasi penggunaan lahan, proyek pemetaan partisipatif, konsesi, dan lainnya untuk mulai membuat gambaran yang lebih jelas tentang ancaman yang akan segera terjadi terhadap hutan.
  • Membangun hubungan dengan wartawan dan mendorong media untuk meliput urusan lokal yang relevan.
  • Memperkuat liputan lokal dari gerakan masyarakat sipil dengan mempertajam pesan dan memanfaatkan cerita lokal untuk menghasilkan liputan nasional dan internasional tentang tren yang muncul.
  • Meningkatkan visibilitas media sosial terhadap isu-isu lokal dan meningkatkan dampaknya bagi organisasi masyarakat sipil setempat.
  • Meningkatkan pengaruh kepentingan Indonesia timur untuk melindungi hutan di tingkat nasional termasuk keterlibatan dengan pemerintah, sektor swasta, donor dan pemangku kepentingan lainnya.
  • Menyediakan serangkaian diskusi publik strategis tentang pembangunan berkelanjutan “Tanah Papua” di Papua dan Jakarta.
Program Lainnya
Rumah EcoNusa
Jl. Maluku No.35, RT.6/RW.5, Gondangdia.
Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10350
©2020. EcoNusa. All rights Reserved