Bekerja dengan Kami
EcoStory
Mambangun Resiliensi Warga (Bagian II)
Monday, 11 May 2020

Di tengah pandemi Covid-19, hampir semua dari kita jadi kurang produktif karena harus mengikuti anjuran pemerintah untuk melakukan physical distancing atau isolasi mandiri demi mencegah penularan. Pemenuhan kebutuhan hidup di masa pandemi pun menjadi tantangan tersendiri, sehingga masyarakat perlu membangun resilience komunitas. Apa sih yang dimaksud dengan membangun resilience komunitas?

 

Bagi yang belum paham, membangun resilience komunitas artinya menata kembali kehidupan sosial dan lingkungan yang tahan atau tangguh terhadap berbagai goncangan. Dalam hal ini misalnya bencana alam, krisis ekonomi atau wabah yang saat ini sedang terjadi. Jadi, apabila goncangan itu terjadi, masyarakat mampu menolong dirinya sendiri sehingga dapat terhindar dari jebakan kemiskinan. Dengan begitu, setelah goncangan berhasil dilewati, masyarakat dapat segera pulih kembali.

 

Setelah sebelumnya membahas tuntas tentang konsep Resilience Komunitas pada sesi 1, diskusi berikutnya akan membahas tentang pendekatan dan metodologi resilience. Seperti apa pembahasannya? Jangan lupa ikuti serial diskusi online Yayasan EcoNusa dengan tema “Membangun Resilience Warga” Sesi ke 2 yang akan diselenggarakan pada :


🗓️ : Senin, 11 Mei 2020
⏰ : 13.00 WIB I 15.00 WIT
🎥 : ZOOM & Youtube (Econusa TV)

Registrasi : bit.ly/DaftarResiliensi2

 

Dengan mengundang 3 narasumber, yaitu:
1. Ahmad Mahmudi, LPTP (Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan) Surakarta
2. Dony Hendro Cahyono, Sekjen INSIST (Indonesian Society for Social Transformation) Yogyakarta
3.Yanuarius Anouw, Perkumpulan Bentara Papua

Moderator:
Carmelita Mamonto, Koordinator Program SEI dan Region Maluku Yayasan EcoNusa

Event Lainnya
Rumah EcoNusa Jl. Maluku No.35, RT.6/RW.5, Gondangdia
Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10350
©2020. EcoNusa. All rights Reserved