Bekerja dengan Kami
Karir
Karir di Econusa
TOR Audit Econusa Tahun Buku 2020

KERANGKA ACUAN KERJA

Pelaksanaan Audit Keuangan Tahun Buku 2020



A. Latar Belakang 

Yayasan Ekosistim Nusantara Berkelanjutan selanjutnya disebut Yayasan EcoNusa adalah salah satu organisasi nirlaba dengan focus program dam kegiatannya pada peningkatan berbagai inisiatif local ke tingkat nasional dan internasional dalam rangka pengelolaan sumber daya alam (SDA) Tanah Papua yang berkelanjutan. 

 

Yayasan EcoNusa menjalankan peran penting sebagai jembatan komunkasi antar pemangku kepentingan di wilayah timur Indonesia (Tanah Papua, Maluku dan Maluku Utara) dalam upaya mewujudkan cita-cita perlindungan lingkungan hidup dan pengelolaan SDA berkelanjutan berdasarkan prinsip yang berkeadilan melalui kegiatan nyata bersama masyarakat di Tanah Papua Maluku dan Maluku Utara. Selain itu, Yayasan EcoNusa juga mempromosikan nilai-nilai kedaulatan pengelolaan SDA dan konservasi kepada penentu kebijakan di daerah dan pusat. 

 

Yayasan EcoNusa sejak berdiri telah memiliki nilai-nilai organisasi yang menjadi landasan kerja seluruh personel, salah satu nilai organisasi adalah “integritas” yaitu Yayasan EcoNusa tidak kompromi terhadap segala bentuk kecurangan “fraud”. Salah satu upaya mewujudkan nilai tersebut yaitu dengan melakukan Audit Keuangan setiap tahun. Tahun 2019, Yayasan EcoNusa telah mengelola dana kurang lebih IDR. 35.000.000.000,- (Tiga puluh lima milyar rupiah) yang berasal dari beberapa Lembaga Donor.

 

Terkait dengan hal diatas, kerangka acuan ini dimaksudkan untuk mencari jasa Akuntan Publik yang bersedia mengikuti mekanisme pengadaan jasa secara transparan dengan mengedapankan kualitas dengan harga yang kompetitif dari penyedia jasa (KAP) yang telah memiliki pengalaman dan kredibilitas yang baik.



B. Tujuan Kegiatan

1. Terselenggaranya proses Audit Keuangan secara cermat, transparan dan akuntabel

2. Tersedianya dokumen pendukung yang menjamin kesesuaian laporan keuangan sesuai dengan SOP Organisasi yang ditetapkan dan Ketentuan Donor RFN. 

3. Untuk menghasilkan 3 dokumen laporan Audit Keuangan sesuai standar ISAK 35

4. Mendapatkan masukan secara jujur berdasarkan temuan-temuan yang didapat dalam upaya perbaikan kedepan.

 

C. Hasil Diharapkan (output) : 

1. Seluruh proses audit akan menghasilkan 3 dokumen laporan Audit Keuangan tahun buku 2019 yaitu:

  1. Laporan Audit Keuangan Program RFN – NORAD tahun buku 2020
  2. Laporan Audit Keuangan Program RFN – MFA (NICFI) tahun buku 2020
  3. Laporan Audit Keuangan Lembaga tahun buku 2020

 

2. Ketiga laporan audit keuangan diatas harus dilengkapi dengan Opini Audit dan Manajemen Letter yang meliputi :

  1. Rekomendasi tentang kelemahan dalam pengeloalaan dana dan masalah yang teridentifikasi selama audit yang mungkin mempengaruhi secara signifkan terhadap pelaksanaan operasional.
  2. Komentar atau pendapat khusus tentang system pengelolaan dana Lembaga
  3. Komentar atas pendapat tentang system pencatatan keuangan dan control yang diperiksa selama audit termasuk untuk laporan pembukuan dan keuangan proyek sesuai system kebijakan dan prosedur lain lain serta norma-norma administrative keuangan untuk proyek dari Donor RFN Norad dan RFN MFA.

 

3. Dokumen Laporan Audit Keuangan diatas dibuat dalam 2 bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris

 


D. Alur atau Mekanisme Pelaksanaan

1. Penyediaan Jasa akuntan publik mengirimkan proposal yang dilengkapi dengan penawaran harga selambat-lambatnya tanggal 30 November 2020.

2. Proses seleksi proposal dilakukan selama 5 hari tanggal 1 – 5 Desember 2020. Penilianan proposal berdasarkan : 1) metode yang digunakan ; 2)  waktu yang dibutuhkan ; 3) pengalaman KAP  (termasuk memiliki afiliasi dengan luar negeri) ; 4) Biaya yang ditawarkan dan 5) CV Tim Auditor. 

3. Proposal dari KAP yang terpilih akan diinformasikan secaraf resmi melalui email ke alamat KAP terpilih. 

 

E. Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Semua proposal dan korespondensi ditujukan kepada 

Yayasan Ekosistem Nusantara (Econusa)

Up. Ibu Etik Mei Wati

Jl Maluku No 35  RT 06 RW 05 Gondangdia Kec Menteng Kota Jakarta Pusat 10350 Indonesia

Telp/Fax +62-21 3190 2670/ +62-21 2232 3631

Email : kantor@econusa.id

 

F. Agenda 

No

Kegiatan

Waktu Pelaksanaan

1.

Pengiriman Kerangka Acuan Kerja

15 November 2020

2.

Proposal diterima Yayasan EcoNusa

30 November 2020

3.

Proses penilaian/seleksi oleh Tim EcoNusa

1 – 5 Desember 2020

4.

Pengumuman hasil seleksi

7 Desember 2020

5.

Pertemuan awal untuk menyepakati proses 

8 Desemeber 2020

6

Penandatanganan MOU 

10 Desember 2020

7.

Pelaksanaan Audit dimulai

15 Januari 2021

8.

Pengiriman drat 1 dari KAP 

17 Februari 2021

9.

Tanggapan dan klarifikasi atas temuan

18 – 25 Februari 2021

10.

Pengiriman Laporan Audit final

29 Februari 2021



Send your CV to recruitment@econusa.id
Safety and Security Coordinator

Yayasan EcoNusa adalah organisasi nirlaba yang memiliki tujuan untuk meningkatkan berbagai inisiatif lokal Tanah Papua di tingkat nasional dan internasional dalam upaya untuk memberikan dukungan bagi  pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. Yayasan EcoNusa didirikan pada 21 Juli 2017 di  Jakarta. Dalam mencapai tujuan ini, kami mendorong pengembangan kapasitas organisasi masyarakat sipil  untuk melakukan advokasi, kampanye, komunikasi dengan keterlibatan pemangku kepentingan dan  dialog di antara pemangku kepentingan untuk mendorong pengelolaan sumber daya alam yang  berkelanjutan serta mempromosikan nilai-nilai transparansi, konservasi, dan kesetaraan. Kami melakukan  beberapa program yang antara lain difokuskan pada ketahanan masyarakat lokal, advokasi kebijakan, pusat komunikasi di Indonesia Timur, dan pengembangan ekonomi lokal. 

 

EcoNusa mengundang kandidat-kandidat terbaik, bertalenta dan memiliki motivasi yang tinggi untuk  melamar posisi dibawah ini: 

Posisi: Safety and Security Coordinator  

Atasan: Chief Executive Officer (CEO)  

Lokasi Kerja: 50% di Jakarta dan 50% di Papua  

Jenis Pekerjaan: Kerja Penuh Waktu (1 tahun)  

Level: Officer  

 

TUJUAN PEKERJAAN  

Posisi ini akan mengembangkan dan mengawasi penerapan akses program, sistem dan protokol  manajemen keamanan yang sejalan dengan operasional EcoNusa, implementasi program, prinsip dan  strategi EcoNusa. Posisi ini akan mengidentifikasi perubahan dan tren dalam program EcoNusa dan  lingkungan keamanan di Indonesia khususnya fokus di Indonesia Timur, mengembangkan dan mengawasi  pelaksanaan rencana dengan responsif, standar prosedur dan rencana kontingensi, dan memfasilitasi  pelatihan dan peningkatan kapasitas staf Econusa dan mitra organisasi. Juga akan memberikan nasihat  terkait manajemen resiko keselamatan dan keamanan kepada semua tingkat staf EcoNusa di lokasi  operasional tentang membangun hubungan dengan pemangku kepentingan, negosiasi dan mediasi,  pemahaman kontekstual, mengelola insiden kritis, dan memberikan nasihat tepat waktu. Pemegang posisi  ini akan bekerja sama dengan Direktur Operasional dan focal point keamanan di lapangan untuk  memastikan bahwa kebijakan dan prosedur keamanan organisasi responsif terhadap konteks, memadai  dan diketahui oleh staf, dan sejalan dengan standar keselamatan dan keamanan. Bekerja sama dengan  Direktur Program, Manajer Komunikasi, dan Koordinator, akan membantu memaksimalkan keefektifan  aktivitas EcoNusa dengan berkontribusi terhadap perencanaan dan program yang sedang berjalan.  

 

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB   

  • Mendorong para pemangku kepentingan untuk bekerja dengan EcoNusa dalam memastikan bahwa  staf dan program aman dan diizinkan untuk melanjutkan kegiatan Program. 
  • Bekerja dengan unit EcoNusa yang sesuai, termasuk bagain HR, untuk memastikan tindak lanjut yang  tepat terhadap pelanggaran Kode Etik EcoNusa.
  • Memberikan dukungan teknis pada semua kebijakan, prosedur, pedoman dan perencanaan untuk  keselamatan staf, keamanan operasional dan kelangsungan program di lokasi kerja. Mengevaluasi, meninjau dan memperbarui rencana manajemen keamanan secara reguler sesuai  dengan standar dan persyaratan keselamatan dan keamanan. 
  • Bekerja dengan Koordinator Lapangan untuk mengembangkan, mengkonsolidasikan dan menerapkan  prosedur operasional dan rencana kontingensi yang terprogram untuk skenario tanggap darurat. Menjaga hubungan dengan focal point keamanan EcoNusa di setiap kantor lapangan dan lokasi  program. 
  • Mengevaluasi, meninjau dan memperbarui rencana hibernasi dan evakuasi untuk semua kantor dan  tempat tinggal EcoNusa di Indonesia dan lokasi program dan memastikan bahwa persiapan praktis  sudah tersedia dan diketahui oleh semua staf yang terlibat. 
  • Melakukan penilaian peralatan secara terus menerus, dan protokol yang digunakan untuk memastikan  bahwa kondisi keamanan terpenuhi. 
  • Menyediakan dan menerapkan solusi terbaik dalam penggunaan peralatan untuk memfasilitasi  komunikasi antar staf, termasuk mengusulkan alternatif yang aman untuk komunikasi dan peralatan.
  • Mamastikan protokol keselamatan dan keamanan, mekanisme pelaporan, dan inisiatif peningkatan  kapasitas dengan memperhitungkan risiko spesifik gender, profil dan latar belakang staf, dan peka  terhadap konteks lokal. 
  • Mengidentifikasi, membuat dan memelihara jaringan dengan LSM dan akses lainnya yang sesuai  dengan wilayah kerja. 
  • Mengumpulkan dan mengirimkan laporan rutin terkait insiden dan tren akses kemanusiaan dan konteks  keamanan lokal di dalam area operasional EcoNusa. 
  • Bekerja sama dengan tim manajemen lapangan EcoNusa untuk memastikan semua insiden ditindaklanjuti dengan laporan resmi yang tertulis, yang kemudian dibagikan kepada pemangku  kepentingan terkait dan diajukan dengan benar. Memastikan bahwa laporan insiden akhir disediakan  saat EcoNusa menutup kasus tersebut. 
  • Memantau lingkungan pengoperasian di masing-masing wilayah kerja, identifikasi ancaman baru, nilai  kerentanan EcoNusa, dan rekomendasi respon yang yang memungkingkan. 
  • Mengembangkan dan memberikan pelatihan rutin untuk staf EcoNusa tentang kesiapan keselamatan  dan keamanan. Pelatihan dapat mencakup Prosedur Operasional Standar; Negosiasi; Pemahaman  Kontekstual; Manajemen Risiko Keselamatan & Keamanan; Manajemen & Pelaporan Insiden; dll. 
  • Memberi nasihat kepada tim program dan manajemen di lapangan tentang risiko yang berkaitan  dengan keselamatan dan keamanan, dan berkontribusi terhadap pengembangan dan implementasi  langkah-langkah dan rencana mitigasi. 
  • Mematuhi dan bertindak sesuai dengan Kebijakan dan Prosedur EcoNusa, kepatuhan dengan semua  kebijakan dan peraturan yang berlaku. 

  

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN  

 

Pendidikan dan pengalaman:

  • Sarjana dengan jurusan Manajemen, Ilmu Politik, atau bidang terkait, lebih disukai. Gelar teknis atau  sertifikasi di bidang terkait dengan pengalaman yang signifikan.
  • Minimal 5 tahun pengalaman di bidang manajemen keselamatan dan keamanan dengan 2-3 tahun  bekerja di NGO dan dalam program bantuan kemanusiaan internasional dengan kemampuan yang  ditunjukkan dalam hal perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan operasi keamanan  kemanusiaan di lapangan. 
  • Memahami prinsip-prinsip kemanusiaan, kode etik dan penyampaian layanan yang penting bagi  masyarakat terkait dengan konteks lapangan dan operasional NGO.
  • Pemahaman tentang konteks lokal, dinamika, dan keterbatasan akses terkait gender, disabilitas, agama,  tradisi, dan norma lokal. 
  • Pengetahuan dalam teknologi komunikasi, termasuk, komunikasi satelit, media telepon seluler, dll,  merupakan nilai tambah. 
  • Pengalaman yang kuat sebagai pelatih; kemampuan untuk mengembangkan, menerapkan,  memfasilitasi. 
  • Berpengalaman mendapatkan pemahaman yang tepat dan tidak memihak tentang kebijakan lokal,  regional dan internasional, posisi dan interaksi operasional, memberikan arahan dan analisis yang jelas  tentang situasi keamanan dan politik yang diberikan ketika sedang terjadi. 

 

Keterampilan Teknis: 

  • Pengalaman bekerja dengan pemangku kepentingan lokal seperti LSM lokal dan internasional,  pemerintah, dll dengan kepekaan dan diplomasi. 
  • Kemampuan untuk merancang dan memimpin pelatihan dengan staf dan mitra untuk meningkatkan  keterampilan dan beradaptasi dengan tuntutan program yang berubah. 
  • Kefasihan dalam berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris. 
  • Kompetensi profesional penuh mengenai Microsoft Office Suite, terutama Word, Excel, PowerPoint. Bersedia bepergian: 50% perjalanan, di Indonesia. 

  

HUBUNGAN KERJA  

Internal: Dengan semua divisi Yayasan Econusa.  

External: Dengan mitra lokal dan perwakilan kantor Yayasan di daerah. 

  

Uraian tugas diatas merupakan tugas-tugas pokok Safety and Security Coordinator. Personil dapat diminta untuk melaksanakan tugas tambahan sesuai dengan kebutuhan organisasi dalam kewajaran tingkat  keterampilan dan pengalaman. 

 

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru yang merangkum bagaimana profil Anda selaras  dengan persyaratan utama, keterampilan, dan kemampuan melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Safety and Security Coordinator” paling lambat 1 November 2020.  

 

Silahkan kunjungi situs web kami untuk informasi lebih lanjut: https://www.econusa.id/id/career

 

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.



Send your CV to recruitment@econusa.id
Rumah EcoNusa
Jl. Maluku No.35, RT.6/RW.5, Gondangdia.
Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10350
©2020. EcoNusa. All rights Reserved