Bekerja dengan Kami
Karir
Karir di Econusa
Policy and Advocacy Engagement Researcher

Yayasan EcoNusa adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk meningkatkan berbagai inisiatif lokal Tanah Papua di tingkat nasional dan internasional dalam upaya untuk memberikan dukungan bagi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan di Indonesia. Yayasan EcoNusa didirikan pada 21 Juli 2017 di Jakarta.

EcoNusa mendorong pengembangan kapasitas organisasi masyarakat sipil untuk melakukan advokasi, kampanye, komunikasi, keterlibatan pemangku kepentingan, dan dialog diantara para pemangku kepentingan untuk memenuhi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan serta mempromosikan nilai-nilai transparansi, konservasi, dan kesetaraan. Untuk mencapai misinya, EcoNusa melakukan beberapa program termasuk: Ketahanan Masyarakat Lokal, Advokasi Kebijakan, Pusat Komunikasi Indonesia Timur, dan Pengembangan Ekonomi Lokal.

EcoNusa mengundang kandidat-kandidat terbaik, bertalenta dan memiliki motivasi yang tinggi untuk melamar posisi dibawah ini:

 

Posisi : Policy and Advocacy Engagement Researcher

Atasan : Policy and Advocacy Manager

Lokasi Kerja : Jakarta

Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (1 tahun)

Level : Senior Officer

 

TUJUAN PEKERJAAN

Pekerjaan yang dilakukan oleh P&A Engagement Researcher adalah untuk memastikan dibangunnya dan dijaganya hubungan EcoNusa dengan para pemangku kepentingan kunci di tingkat nasional, khususnya dengan jajaran Kementerian/Lembaga dan instansi pemerintahan lainnya di tingkat nasional. Selain itu, pekerjaan ini juga bertujuan untuk memastikan terinfokannya EcoNusa atas perkembangan kebijakan, keputusan, berita, sampai politik di masing – masing Kementerian/Lembaga yang berkaitan dengan program – program yang dijalankan oleh EcoNusa.

 

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

1. Membangun dan menjaga hubungan EcoNusa dengan jajaran Kementerian/Lembaga dan instansi pemerintahan lainnya di tingkat nasional dalam rangka memperoleh informasi dan perkembangan yang berhubungan dengan program kerja EcoNusa.

2. Menyusun analisa kebijakan secara periodik serta agenda – agenda riset kebijakan yang berkaitan dengan program kerja EcoNusa.

3. Membantu tim dalam menyusun rencana program kerja dan anggaran program yang berhubungan dengan advokasi kebijakan yang menjadi lingkup tanggung jawabnya.

4. Melaksanakan program agar sesuai arahnya serta memastikan tercapainya hasil-hasil sesuai yang direncanakan.

5. Mendampingi monitoring pelaksanaan program-program advokasi kebijakan dan melakukan perbaikan-perbaikan rencana kegiatan dan implementasinya berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan.

6. Membantu Policy and Advocacy Manager dalam menyiapkan kerangka acuan kegiatan (Terms of Reference - ToR) dan membuat modul-modul dan panduan yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan program advokasi kebijakan sesuai program kerja EcoNusa.

7. Menyusun laporan-laporan kegiatan dan program yang menjadi tanggung jawabnya tepat waktu dan berkualitas sesuai ketentuan yang ditetapkan.

8. Turut membantu pelaksanaan koordinasi internal dan dengan pihak-pihak eksternal untuk keberhasilan program/kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan.

 

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN

1. Minimal S1 dari jurusan hukum, hubungan internasional, ilmu politik, ilmu lingkungan, atau ilmu yang berhubungan dengan keberlanjutan dan sosial;

2. Minimal 7 tahun pengalaman kerja profesional di bidang kehutanan, lingkungan, atau keberlanjutan;

3. Berpengalaman dalam membangun hubungan baru dan menjaga hubungan dengan institusi pemerintahan, khususnya Kementerian/Lembaga di tingkat nasional;

4. Berpengalaman dalam menulis analisa kebijakan, termasuk analisa politik;

5. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik yang diperlukan untuk membangun hubungan dengan pejabat pemerintahan dan perwakilan organisasi lainnya;

6. Memiliki sifat proaktif dalam melaksanakan pekerjaan.

 

HUBUNGAN KERJA

Internal: Bekerja secara intensif dengan Divisi Policy & Advocacy dan berkoordinasi dengan direktorat dan divisi EcoNusa lainnya.

External : Berkoordinasi dan membangun hubungan dengan pemangku kepentingan kunci, khususnya instansi pemerintah di tingkat nasional.

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Policy and Advocacy Engagement Researcher” paling lambat 11 April 2021.

Silahkan kunjungi situs web kami untuk informasi lebih lanjut : https://www.econusa.id/id/career

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.

 



Send your CV to recruitment@econusa.id
Consultant for Eastern Indonesia Sustainable Tourism

The EcoNusa Foundation is a non-profit organization aiming to enhance various local Papuan initiatives at the national and international levels in promoting sustainable natural resource management. The organization was founded on 21 July 2017 in Jakarta. In achieving the goal, EcoNusa Foundation encourages the development of the capacity of civil society organizations to organize advocacy, campaigns, communication with the engagement and dialogue among stakeholders in promoting sustainable natural resource management and the values of transparency, conservation, and equity. We work on several projects which, among others, focus on local community resilience, policy advocacy, communication hubs in Eastern Indonesia, and local economic development.

 

The EcoNusa urgently invites the best, most-talented and highly-motivated individuals to apply for the following vacancies:

Post title : Consultant for Eastern Indonesia Sustainable Tourism

Supervisor : Chief of Executive Officer

Duty Station : Jakarta

Job Type : Consultant for 6 months (with possible extension)

 

PURPOSE OF JOB

The Consultant for Sustainable Tourism Program Development will provide technical support and leadership to various project teams across departments in conducting analytical work to assess the potential for sustainable tourism planning and development in eastern Indonesia and processing and administering sustainable tourism development base on nature and community.

 

ROLES AND RESPONSIBILITIES

• Conduct analytical work in coordination with other departments and stakeholders to determine potential for sustainable tourism planning and development in eastern Indonesia by collating resources, data and reporting trends.

• Lead in identifying, designing, processing, and administering projects in sustainable tourism with a focus on holistic, integrated, and sustainable solutions considering planning, strategy, policy, regulations, marketing, infrastructure and basic services, private sector participation, livelihood and skills development for micro, small and medium enterprises (MSMEs), innovation, high-level technology, and tourism related institutional capacity.

• Provide extensive inputs to program teams in preparing sustainable tourism development, join missions, and advise governments on improving sustainable tourism development plans based on regional and local resources and data analytics on available and probable tourism support infrastructure.

• Coordinate across sectors in the geographic space covering sustainable tourism program including but not limited to regional planning and development, design and place management, water, sanitation and hygiene (i.e., WASH), solid waste management, flood risk management, transport, energy, health, education and information and communication technology (ICT).

• Ensure thematic issues in project design, including but not limited to community resilience, climate change, environment, disaster management, cultural heritage, pro-poor, gender, green growth, social development, governance, and finance are incorporated in projects.

• Lead teams to administer programs, engage consultant through different procurement methods, administer construction and operation and maintenance contracts.

• Coordinate with development partners active and government in the sustainable tourism sector.

• Participate and support knowledge and thematic work with practical relevance in delivery of sustainable tourism projects.

 

QUALIFICATION AND EXPERIENCES

• Master's degree in, or equivalent, in Rural and Regional Planning, Tourism Planning Management, Architecture, Heritage Conservation, Economics or related fields. Alternatively, university degree in Rural and Regional Planning, Tourism Planning and Management, Architecture, Heritage Conservation, Economics or related fields with additional relevant professional experience may be considered;

• Minimum of 5 years of relevant professional experience;

• Excellent written and verbal communication skills in English is required;

• Able to undertake background research and analysis on difficult but well-defined tasks; collect and organize required data and information; apply appropriate computer skills in analyzing and developing the data; and prepare notes, papers, and sections of reports

• Demonstrates in-depth understanding of the interactions between different EcoNusa work areas and relevant workflows and their purposes;

• Possesses good analytical thinking with ability to make simple causal links, pro-and-con lists, and analyses to reach a decision; and set priorities for tasks in order of importance

• Able to liaise and work effectively with staff within own work location and can work collaboratively with teams; and

Please submit your letter of application and recent curriculum vitae which summarizes how your profile aligns with the key requirements, skills and abilities of this position by email to recruitment@econusa.id with subject “Sustainable Tourism” no later than March 15, 2021.

 

Note: Only short-listed candidates will be notified



Send your CV to recruitment@econusa.id
Human Resources Assistant

Yayasan EcoNusa adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk meningkatkan berbagai inisiatif lokal Tanah Papua di tingkat nasional dan internasional dalam upaya untuk memberikan dukungan bagi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan di Indonesia. Yayasan EcoNusa didirikan pada 21 Juli 2017 di Jakarta.

EcoNusa mengundang kandidat-kandidat terbaik, bertalenta dan memiliki motivasi yang tinggi untuk melamar posisi dibawah ini:

Posisi                 : Human Resources Assistant

Atasan               : Sr. Human Resources Officer

Lokasi Kerja      : Jakarta

Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (1 tahun)

Level                  : Assistant

TUJUAN PEKERJAAN

Di bawah supervisi langsung dari Sr. HR Officer, personil akan memberikan dukungan untuk kegiatan sumber daya manusia. Personil akan bekerja dan berkoordinasi yang erat dengan semua direktorat yaitu program, komunikasi dan operasional serta staf di semua kantor.

 

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

  1. Memberikan dukungan dalam proses rekrutmen staf: memposting lowongan, menyimpan semua surat lamaran di folder HR, melakukan long-listing; mengatur wawancara kandidat dan tes yang diperlukan; membantu melakukan cek referensi untuk kandidat terpilih; mengatur induksi untuk staf yang masuk.
  2. Memproses kontrak untuk karyawan baru, konsultan dan magang dan kontrak perpanjangan untuk staf yang ada serta memantau dan memperbaharui status kontrak staf.
  3. Menangani HR system dan database dan memperbarui data secara teratur.
  4. Mencatat kegiatan yang dilakukan oleh unit Sumber Daya Manusia. Membuat dan menyimpan file personalia dengan baik dan mudah diakses (kontrak, data pribadi, dokumen pendukung, dll) dari staf, konsultan dan magang.
  5. Memantau kehadiran dan cuti staf di HR System dan melaporkan secara teratur.
  6. Meminta peralatan ke unit operasional untuk staf baru dan ID Card ke unit komunikasi untuk desain dan update di website.
  7. Berkoordinasi dengan penyedia asuransi untuk pendaftaran staf baru dan anggota keluarga dan memproses reimbursement dan klaim. Mempersiapkan dan mengajukan pembayaran ke unit Keuangan untuk pembayaran.
  8. Bertanggung jawab untuk mendaftarkan semua staf ke BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan dan memproses pembayaran setiap bulan.
  9. Menyiapkan dokumen pendukung untuk prose penggajian bagi staf dan konsultan serta melakukan pembayaran dan pelaporan pajak.
  10. Meberikan dukungan untuk proses penilaian kinerja sesuai kebutuhan.
  11. Memberikan dukungan dan bantuan dalam mengatur pelatihan staf dan kegiatan pembelajaran.
  12. Melakukan tugas-tugas lain yang mungkin ditugaskan.

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN

  • Gelar universitas dari lembaga akademik terakreditasi di Sumber Daya Manusia, Administrasi, Psikologi atau akademik terkait lainnya.
  • Pengalaman minimal 2 tahun dibagian Sumber Daya Manusia dan Administrasi.
  • Mahir dalam aplikasi komputer; Pengalaman bekerja dengan Database atau perangkat lunak HRIS lainnya merupakan keuntungan.
  • Keterampilan komunikasi verbal dan tertulis yang efektif dan menunjukkan kemampuan untuk berinteraksi secara profesional dengan tim.
  • Perhatian yang sangat baik terhadap hal detail.
  • Menguasai Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulisan.

HUBUNGAN KERJA

Internal                                     : Bekerja erat dengan direktorat Operasional dan semua staf internal EcoNusa

External                                   : Berkoordinasi dengan pihak -pihak eksternal (kantor pajak, asuransi, BPJS dll)

 

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Human Resources Assistant” paling lambat 8 April 2021.

 

Silahkan kunjungi situs web kami untuk informasi lebih lanjut : https://www.econusa.id/id/career

 

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.



Send your CV to recruitment@econusa.id
Senior Monitoring, Evaluation and Learning Officer

Yayasan EcoNusa adalah organisasi nirlaba yang memiliki tujuan untuk meningkatkan berbagai inisiatif lokal Tanah Papua di tingkat nasional dan internasional dalam upaya untuk memberikan dukungan bagi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan. Yayasan EcoNusa didirikan pada 21 Juli 2017 di Jakarta. Dalam mencapai tujuan ini, kami mendorong pengembangan kapasitas organisasi masyarakat sipil untuk melakukan advokasi, kampanye, komunikasi dengan keterlibatan pemangku kepentingan dan dialog di antara pemangku kepentingan untuk mendorong pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan serta mempromosikan nilai-nilai transparansi, konservasi, dan kesetaraan. Kami melakukan beberapa program yang antara lain difokuskan pada ketahanan masyarakat lokal, advokasi kebijakan, pusat komunikasi di Indonesia Timur, dan pengembangan ekonomi lokal.


Untuk mendukung pemantauan, evaluasi dan pembelajaran dari program-program yang berjalan, saat ini kami membuka lowongan untuk posisi MEL Senior Officer. Personil memiliki peran utama dalam memfasilitasi pengembangan dan pembelajaran organisasional serta memberikan kontribusi antara lain dalam memelihara dan mengembangkan sistem, alat/instrumen ME, dan proses pemantauan yang efektif yang memungkinkan analisis kemajuan dan capaian, memberikan input dalam penjaminan kualitas pelaporan; mendukung proses evaluasi internal dan eksternal; memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pembelajaran antarunit kerja dengan mengembangkan hubungan internal dalam organisasi, penulisan konten terkait MEL, dan berkontribusi dalam pertukaran pengetahuan secara berkala.


EcoNusa mengundang kandidat-kandidat terbaik, bertalenta dan memiliki motivasi yang tinggi untuk melamar posisi dibawah ini:

Posisi : Senior Monitoring, Evaluation and Learning Officer

Atasan : Monitoring, Evaluation and Learning Manager

Lokasi Kerja : Jakarta

Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (1 tahun)

Level : Senior Officer


TUJUAN PEKERJAAN

Peran Senior MEL Officer ini ditujukan untuk memberikan dukungan khususnya bagi Unit Monitoring, Evaluation and Learning (MEL) dan unit-unit kerja dalam pemantauan, evaluasi dan pembelajaran dari pelaksanaan program-program di Yayasan EcoNusa serta memastikan terbangunnya sistem MEL yang kuat.


TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

1) Terlibat dalam perencanaan dan penyusunan program-program baru yang menjadi inisiatif Yayasan EcoNusa;

2) Melakukan pemantauan terhadap penerapan sistem MEL dan identifikasi kesenjangan ataupun tantangan yang berkaitan dengan hal teknis dan non-teknis;

3) Memberikan kontribusi dalam pengembangan atau penyempurnaan Manual MEL serta panduan MEL lainnya;

4) Memberikan dukungan bagi unit-unit kerja di organisasi untuk memastikan bahwa seluruh tim dapat memenuhi standar-standar yang telah ditetapkan dan melakukan pelaporan sesuai standar tersebut;

5) Mendukung pengembangan konsep, pendekatan, strategi, dan pendokumentasian proses pembelajaran dari pelaksanaan program-program Yayasan EcoNusa berdasarkan hasil dari pemantauan yang dilakukan;

6) Memberikan kontribusi dalam pengumpulan data, pendokumentasian program, dan penjaminan kualitas (quality assurance) pelaporan seluruh program;

7) Melakukan analisis berdasarkan hasil dari pemantauan pelaksanaan rangkaian kegiatan dan kemajuan program demi pencapaian hasil langsung dan capaian akhir program secara maksimal;

8) Terlibat dalam pelaksanaan pemantauan serta evaluasi program oleh Yayasan EcoNusa dan donor;

9) Melakukan koordinasi dan tindak lanjut dari pemantauan dan evaluasi program bersama para mitra serta melaporkan perkembangannya kepada MEL Manager;

10) Melakukan kompilasi laporan data dan proposal sebagai asesmen pembelajaran secara berkala;

11) Memberikan dukungan bagi unit-unit kerja di organisasi dalam penyusunan dan pengembangan alat-alat MEL termasuk logframes, penelusuran indikator, baseline, annual, endline surveys, pemantauan berkala, pelaporan sesuai dengan kerangka MEL serta beradaptasi untuk menyelaraskan dengan program-program strategis atau perubahan dalam pelaksanaan program;

12) Melakukan pemutakhiran dan mengumpulkan masukan terkait risiko dan pengelolaan risiko setiap triwulan;

13) Memberikan pelatihan bagi staf Yayasan EcoNusa tentang pengumpulan informasi, penyusunan laporan, dan basis data pendukung ataupun penentuan format pelaporan yang tepat untuk menjamin kurasi informasi yang efektif;

14) Terlibat dalam penyusunan dan penelusuran kegiatan-kegiatan MEL yang dilaksanakan oleh unit unit program termasuk bersama mitra-mitra kunci dan pemangku kepentingan program ataupun pihak ketiga;

15) Menjalankan sistem pengarsipan digital untuk alat-alat MEL dan dokumentasi MEL;

16) Memproduksi ringkasan analisis: grafik, bagan, tabel, narasi, dan visualisasi untuk mendukung pelaporan dan ekspose eksternal;

17) Menyusun matriks kerangka logis dan Rencana MEL melalui koordinasi dengan MEL Manager;

18) Menyusun laporan kegiatan Unit MEL secara berkala atau cerita dari lapangan dengan tepat waktu sesuai dengan format maupun instrumen yang digunakan;

19) Menghadiri pertemuan-pertemuan koordinasi yang berhubungan dengan Unit MEL atau tugas tugas lain yang relevan dan mendukung efektivitas pelaksanaan program sesuai kebutuhan organisasi;

20) Memberikan asistensi dalam pelaksanaan tugas-tugas lainnya sesuai dengan panduan dari penyelia.


KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN

Pendidikan dan Ketrampilan

Sarjana S1 atau S2 ilmu-ilmu sosial yang berpengalaman dalam pelaksanaan MEL untuk program-program pembangunan yang dijalankan oleh organisasi nirlaba. Ketrampilan dalam menggunakan piranti lunak seperti MS Office dan aplikasi digital yang relevan sangat mendukung pekerjaan ini.


Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja minimal 5 tahun di bidang MEL atau yang serupa yang melibatkan desain dan praktik penyusunan kerangka MEL atau logic models dan Logika Perubahan serta memahami pengelolaan program. Pengalaman bekerja untuk isu lingkungan, khususnya di Indonesia Timur bersama komunitas, lembaga pemerintah, mitra lokal dan organisasi internasional menjadi nilai lebih. Pengalaman dalam mengelola, mengkoordinasi, dan melaksanakan program-program pengembangan kapasitas akan mendukung pekerjaan dalam posisi ini.


Kemampuan Spesifik

1. Memiliki pemahaman baik tentang kerangka MEL termasuk logic models dan Logika Perubahan;

2. Mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan baik. Kemampuan dalam menuliskan cerita-cerita dari lapangan atau laporan kegiatan akan mendukung posisi ini;

3. Cekatan dalam bekerja dengan kecermatan dan ketekunan;

4. Kreatif dan responsif.


HUBUNGAN KERJA

Internal Unit : Senior MEL Officer akan bekerja intensif bersama dengan MEL Officer dan MEL Manager.

Eksternal Unit : Senior MEL Officer akan berkolaborasi dengan seluruh tim kerja di Yayasan EcoNusa serta pemangku kepentingan program dan mitra kunci.


Uraian tugas diatas merupakan tugas-tugas pokok Senior MEL Officer. Personil dapat diminta untuk melaksanakan tugas tambahan sesuai dengan kebutuhan organisasi dalam kewajaran tingkat keterampilan dan pengalaman.


Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru yang merangkum bagaimana profil Anda selaras dengan persyaratan utama, keterampilan, dan kemampuan melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Senior Monitoring, Evaluation and Learning Officer” paling lambat 8 Februari 2021.


Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.



Send your CV to recruitment@econusa.id
Ocean Policy Advocacy Coordinator

Yayasan EcoNusa adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk meningkatkan berbagai inisiatif lokal Tanah Papua di tingkat nasional dan internasional dalam upaya untuk memberikan dukungan bagi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan di Indonesia. Yayasan EcoNusa didirikan pada 21 Juli 2017 di Jakarta. EcoNusa mendorong pengembangan kapasitas organisasi masyarakat sipil untuk melakukan advokasi, kampanye, komunikasi, keterlibatan pemangku kepentingan, dan dialog diantara para pemangku kepentingan untuk memenuhi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan serta mempromosikan nilai-nilai transparansi, konservasi, dan kesetaraan. Untuk mencapai misinya, EcoNusa melakukan beberapa program termasuk: Ketahanan Masyarakat Lokal, Advokasi Kebijakan, Pusat Komunikasi Indonesia Timur, dan Pengembangan Ekonomi Lokal.


EcoNusa memandang bahwa laut Indonesia sebagai masa depan bangsa. Kekayaan laut Indonesia harus tetap sehat dan lestari untuk memberikan manfaat generasi saat ini dan yang mendatang. Sebagai negara dengan keanekaragaman hayati laut yang besar, laut Indonesia mendapatkan tekanan dan ancaman alamiah dan non alami yang disebabkan oleh manusia. Salah satu permasalahan laut ialah kebijakan dan tata kelola kelautan dan perikanan yang belum mengutamakan pilar sustainable sebagai pilar utama pembangunan perikanan kelautan. Sebagai hasilnya, beberapa kondisi overfishing di hampir semua wilayah pengelolaan perikanan negara Republik Indonesia (WPP-NRI). Selain itu permasalahan kesadaran masyarakat Indonesia untuk menjaga laut masih rendah, hal ini ditandai dengan banyaknya sampah yang masih ke laut.


Upaya intervensi EcoNusa untuk permasalahan tersebut ialah dengan melakukan membangun jejaring kerja sinergitas gerak dengan NGO dan komunitas. Sehingga untuk menjalankan fungsi organisasi tersebut, unit program ocean membutuhkan seseorang yang fokus untuk menjalankan peran sebagai Ocean Policy Advocacy.


Posisi : Ocean Policy Advocacy Coordinator

Atasan : Ocean Program Manager

Lokasi Kerja : Jakarta

Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (1 tahun) dengan kemungkinan untuk perpanjang

Level : Officer

 

TUJUAN PEKERJAAN

Posisi ini bertujuan untuk mengakselerasi kegiatan-kegiatan jaringan dan koalisi NGO untuk mendampingi kebijakan kelautan perikanan berkelanjutan berkeadilan serta membangun komunikasi strategis dan engagement dengan semua pihak yang relevan agar mencapai sasaran kerja yang diinginkan

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB

• Bekerja dekat dengan jejaring NGO, Komunitas dan kelompok strategis lainnya untuk membangun rencana dan strategi pendampingan kebijakan pada isu-isu prioritas kelautan dan perikanan serta strategi komunikasinya.

• Membangun positioning EcoNusa dalam mendorong kebijakan keberlanjutan di sektor kelautan dan perikanan.

• Melaksanakan engagement secara reguler dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah termasuk institusi kunci lainnya seperti DPR/MPR, partai politik, ormas dan kontak individu dan jaringan yang relevan untuk memastikan kebijakan yang lebih efektif pada kelautan dan perikanan yang adil dan berkelanjutan.

• Melaksanakan koordinasi kerja advocacy pada isu kelautan dan perikanan di area prioritas kerja EcoNusa dengan NGOs dan networks, termasuk Mitra Pembangunan Papua Barat dan Bird Head Seascape.

• Memonitor perkembangan kebijakan dan mengidentifikasi proses penyusunan dan pembangun kebijakan kelautan dan perikanan.

• Bekerja dekat dengan staff komunikasi EcoNusa untuk memastikan upaya pembangunan opini kebijakan tersampaikan secara reguler ke ruang publik baik melalui channel komunikasi internal dan mitra media.

• Berkoordinasi dengan tim Policy Advocacy EcoNusa untuk membantu pendekatan yang baik kepada Mitra Pembangunan Provinsi Papua Barat dalam mendorongkan poin kelautan dalam rencana kerja pembangunan rendah karbon.

• Melaksanakan strategi komunikasi yang dibangun oleh EcoNusa dan membangun profil kerja organisasi di tingkat nasional dan daerah. Hal ini termasuk liaison kepada pihak jurnalis media.

• Melaksanakan evaluasi dan analisis terkait dengan hukum dan kebijakan dari rencana untuk mengakselerasi rencana program kerja Ocean EcoNusa

• Melaksanakan tanggung jawab administrasi dan pelaporan kantor secara regular untuk memberikan update dan perkembangan kerja.

• Menghadiri rapat dan koordinasi terkait dengan jejaring NGO, hukum dan kebijakan kelautan dan perikanan serta pertemuan lain yang relevan dengan fungsi dan tanggung jawab.

• Mengembangkan keilmuan dan sharing lesson learned yang didapatkan kepada staff EcoNusa lainnya

 

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN

• Lulusan sarjana ilmu sosial dan politik, komunikasi, ilmu perikanan kelautan, hukum.

• Memiliki pengalaman kerja di bidang policy advocacy terutama di bidang kelautan dan perikanan minimal 5 tahun.

• Pernah bekerja di NGO/LSM yang bergerak di isu kelautan dan perikanan lebih diutamakan.

• Memiliki pengetahuan yang baik terkait dengan hukum dan kebijakan kelautan dan perikanan Indonesia. Termasuk didalamnya hukum perlindungan terhadap nelayan/pembudidaya skala kecil dan masyarakat pesisir.

• Memiliki pengalaman dalam public policy research, advocacy atau posisi serupa di NGO atau pernah bekerja dalam project yang serupa.

• Memiliki skill analisis kebijakan yang baik dan kemampuan dalam menyusun policy papers, policy brief dan artikel untuk target pembaca yang beragam.

• Memiliki skill komunikasi yang baik, terutama dalam berkomunikasi kepada publik, pemangku kebijakan dan termasuk didalamnya ialah dengan para jurnalis.

• Merupakan team player dan problem solver yang dapat bekerja secara mandiri dengan minimum supervise.

• Karakter yang luwes dan dinamis mempunyai jaringan kerja yang luas.


HUBUNGAN KERJA

Internal : Posisi ini akan berada dalam tim Ocean Program dibawah Departemen Program.

External : Posisi ini akan bekerja dekat dengan mitra kerja, serta organisasi masyarakat sipil lainnya yang relevan.

 

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru yang merangkum bagaimana profil Anda selaras dengan persyaratan utama, keterampilan, dan kemampuan melalui email ke recruitment@econusa.id dengan subjek “Ocean Policy Advocacy Coordinator” paling lambat 21 Februari 2021.


Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.



Send your CV to recruitment@econusa.id
Youth Program Officer

Yayasan EcoNusa adalah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk meningkatkan berbagai inisiatif lokal  Tanah Papua di tingkat nasional dan internasional dalam upaya untuk memberikan dukungan bagi  pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan di Indonesia. Yayasan EcoNusa didirikan pada 21 Juli  2017 di Jakarta.  

 

EcoNusa mendorong pengembangan kapasitas organisasi masyarakat sipil untuk melakukan advokasi,  kampanye, komunikasi, keterlibatan pemangku kepentingan, dan dialog di antara para pemangku  kepentingan untuk memenuhi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan serta mempromosikan  nilai-nilai transparansi, konservasi, dan kesetaraan. Untuk mencapai misinya, EcoNusa melakukan  beberapa program termasuk: Ketahanan Masyarakat Lokal, Advokasi Kebijakan, Pusat Komunikasi 

 

Indonesia Timur, Pengembangan Ekonomi Lokal, dan Kepemimpinan Lingkungan Anak Muda. EcoNusa mengundang kandidat-kandidat terbaik, bertalenta dan memiliki motivasi yang tinggi untuk  melamar posisi dibawah ini: 

 

Posisi : Youth Program Officer  

Atasan : Public and Youth Mobilization Manager  

Lokasi Kerja : Jakarta  

Jenis Pekerjaan : Kerja Penuh Waktu (1 tahun) dengan kemungkinan untuk perpanjang

Level : Officer  

 

TUJUAN PEKERJAAN  

Youth Program Officer akan membantu Program Manager Mobilisasi Dukungan Publik dan Kaum  Muda dalam mengelola pelaksanaan program dan mengkomunikasikan program terkait anak  muda kepada public.  

 

Lingkup kerja posisi ini meliputi:  

  1. Manajemen program  
  2. Komunikasi dan jejaring strategis  
  3. Administrasi dan dokumentasi kegiatan program  

 

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB  

  • Manajemen program  
  • Mengembangkan strategi dan perencanaan program bersama tim Mobilisasi  Dukungan Publik dan Kaum muda 
  • Membantu Program Manager dalam menyiapkan pelaksanaan kegiatan program  (Kerangka Acuan, anggaran, koordinasi, dll).  
  • Membantu Program Manager dalam mengkoordinasikan pencapaian penugasan kerja  kepada mitra pelaksana kegiatan dan memastikan mitra dapat mencapai hasil yang  diharapkan dalam kontrak kerjasama.  
  • Membantu Program Manager dalam memantau pelaksanaan program, memastikan  pencapaian kegiatan dan memberikan masukan untuk perbaikan. 
  • Melakukan kunjungan lapangan sesuai dengan rencana kerja.  
  • Komunikasi dan jejaring strategis  
  • Membantu Program Manager dalam menuliskan laporan, menghasilkan produk  komunikasi dan mengelola platform komunikasi jejaring anak muda binaan EcoYouth.  b. Mengelola platform microsite EcoYouth termasuk menulis, mengecek, dan mengedit  dan memasukkan content ke dalam microsite.  
  • Mampu berperan sebagai fasilitator pertemuan, pelatihan, webinar, dll baik secara  online maupun offline.  
  • Mampu merintis dan pengelola jejaring strategis terkait program anak muda di  tingkat lokal, nasional dan internasional.  
  • Mengembangkan dan mengelola database anak muda binaan EcoNusa dan para pihak  terkait.  
  • Administrasi dan Dokumentasi Program  
  • Mengelola data dan informasi terkait pelaksanaan kegiatan program Mobilisasi  Dukungan Publik dan Kaum Muda (termasuk laporan berkalan, foto, video, dan bentuk  dokumentasi lainnya).  
  • Membantu Program Manager dalam mereview kontrak dan MoY dengan mitra  pelaksana maupun mitra straregis lainnya.  
  • Membantu Program Manager dalam mengelola dan melaporkan keuangan  kegiatan/program. 
  • Membantu Program Manager dalam menyiapkan laporan untuk donor maupun para  pihak terkait lainnya.  

 

KUALIFIKASI DAN PENGALAMAN  

  • Pendidikan: minimal lulusan S1 terkait dengan bidang pengembangan anak muda,  pendidikan lingkungan, pemberdayaan masyarakat, dan ilmu sosial lainnya.
  • Pengalaman kerja: minimal memiliki 5 tahun pengalaman kerja dalam bidang yang sama.  3. Sikap, Pengetahuan, Keterampilan dan Kemampuan:  
  • Memiliki ketertarikan dan pengalaman dalam bidang terkait pengembangan anak  muda usia 17-35 tahun.  
  • Memiliki kemampuan komunikasi oral dan tulisan dengan baik.  
  • Terbiasa memfasilitasi kegiatan anak muda.  
  • Mampu melakukan riset yang baik untuk mengembangkan content microsite bagi  anak muda.  
  • Memiliki kreatifitas dan sensitifitas yang baik tentang content, layout, dan desain  produk komunikasi untuk anak muda. 
  • Bekerja secara terorganisir, efisien dan detil dalam melaksanakan kegiatan.  Memiliki integritas, loyalitas, inovasi, pembelajar, dan percaya diri. 
  • Memiliki kemampuan interpersonal, mampu bekerja dalam tim maupun minim  supervisi.  
  • Memiliki ketahanan untuk bekerja dibawah tekanan deadline, mampu mengelola  prioritas kerja dan beradaptasi terhadap perubahan maupun perbedaan.  
  • Bersedia melakukan perjalanan dinas ke tempat terpencil (jika dibutuhkan).  Lebih diutamakan yang memiliki pengalaman kerja di Indonesia timur.    

 

HUBUNGAN KERJA  

Internal: posisi ini akan bekerja dibawah koordinasi tim Mobilisasi Dukungan Publik dan Kaum Muda,  dibawah Direktorat Program. Selain itu juga akan bekerja bersama unit kerja lain.    

External: posisi ini akan bekerja erat dengan kelompok anak muda, komunitas lokal, LSM, jejaring terkait  anak muda di tingkat lokal, nasional dan internasional, universitas, dll.  

 

Silahkan mengirimkan surat lamaran dan CV terbaru melalui email ke recruitment@econusa.id dengan  subjek “Youth Program Officer ” paling lambat 28 Februari 2021.  

 

Catatan: Hanya kandidat terpilih yang akan dihubungi untuk proses selanjutnya.



Send your CV to recruitment@econusa.id
Rumah EcoNusa
Jl. Maluku No.35, RT.6/RW.5, Gondangdia.
Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10350
©2021. EcoNusa. All rights Reserved